Jumat, 28 November 2014

Memahami Konvergensi Media

Tahukah anda apa itu konvergensi media, suatu pengertian yang jarang kita dengar di kehidupan sehari-hari, tetapi Anda sendiri tidak menyadarinya bahwa kita tahu. Seperti halnya kita berinteraksi di dunia maya yaitu seperti membuka forum, informasi sosial lewat media Online, chatting, dll. Untuk lebih jelasnya, saya akan menjelaskan lebih rinci apa itu Konvergensi Media.
Konvergensi media adalah penggabungan atau pengintegrasian media-media yang ada untuk digunakan dan diarahkan kedalam satu titik tujuan. Konvergensi media biasanya merujuk pada perkembangan teknologi komunikasi digital yang dimungkinkan dengan adanya konvergensi jaringan.
Konvergensi jaringan adalah koeksistensi efisien telepon, video dan komunikasi data dalam satu jaringan. Penggunaan beberapa mode komunikasi dalam jaringan tunggal menawarkan kenyamanan dan fleksibilitas bukan tidak mungkin dengan prasarana yang terpisah.
Dasar terbentuknya Konvergensi Media
John Fiske dalam bukunya Cultural and Communication Studies mengungkapkan kode-kode digital lebih mudah dipahami karena unit-unitnya dibedakan dengan jelas,berlainan dengan kode-kode analog yang bekerja dalam suatu skala kontinu. Jadi tidaklah heran jika dalam orientasi perkembangan peradaban manusia mengarah pada proses digitalisasi atau dengan kata lain proses menuju kemudahan, kelengkapan, dankecepatan dalam mendapatkan dan memahami berbagai informasi.
Dari sisi bisnis, digitalisasi menjanjikan efisiensi biaya yang cukup signifikan dengan area cakupan yang lebih luas, kualitas pelayanan yang lebih baik dan mampu melayani pengguna jasa media berdasarkan kebutuhan mereka. Namun yang jauh lebih penting adalah digitalisasi mampu mendesak kelahiran beragam kreativitas dalam penyajian konten sehingga area cakupan bisnis dapat lebih diperluas.
Menurut Jonathan Parapak dari Universitas Pelita Harapan, tahapan perkembangan paradigma ini menjadi 3 tahapan proses, yaitu automatisasi, integrasi, dan kolaborasi.Mayoritas pelaku di kawasan ini berada di antara automatisasi dan integrasi, sementara hanya sebagian kecil yang telah mencapai tahap di antara integrasi dan kolaborasi.
Perkembangan
——————————————————————————
Konvergensi media tidak hanya pergeseran teknologi atau proses teknologi, namun juga termasuk pergeseran dalam paradigma industri, budaya, dan sosial yang mendorong konsumen untuk mencari informasi baru. Konvergensi media terjadi dengan melihat bagaimana individu berinteraksi dengan orang lain pada tingkat sosial dan menggunakan berbagai platform media untuk menciptakan pengalaman baru, bentuk-bentuk baru media dan konten yang menghubungkan kita secara sosial, dan tidak hanya kepada konsumen lain, tetapi untuk para produsen perusahaan media.
Gerakan konvergensi media tumbuh secara khusus dari munculnya Internet dan digitalisasi informasi. Konvergensi media ini menyatukan 3C yaitu computing (memasukkan data melalui komputer), communication (komunikasi), dan content (materi isi/ konten). Teori konvergensi media yang diteliti oleh Henry Jenkins pada tahun 2006, menyatakan bahwa konvergensi media merupakan proses yang terjadi sesuai dengan perkembangan budaya masyarakat.
Pendorong konvergensi media
Perubahan perilaku konsumen:
Pada tahun 2009 sebuah penerbitan surat kabar media di Amerika Serikat The Boston Globe menunggu nasib untuk ditutup atau diteruskan oleh investor baru. Performa koran yang sudah berusia 137 tahun itu terus merosot karena perubahan perilaku konsumen membaca berita. Oplah menurun 14 persen dalam enam bulan ditahun 2009.
Tahun 2009 di Amerika Serikat merosotnya sirkulasi dan pendapatan dari iklan juga memaksa surat kabar Tribune Co. memutuskan hubungan kerja 61 orang dari 205 tim berita The Baltimore Sun. Sepekan sebelumnya, Chicago Tribune juga merumahkan 53 karyawan ruang redaksi.
Harga bahan baku koran semakin mahal.
Pendukung konvergensi media
Media massa konvensional (Televisi, radio, surat kabar dll)
Internet
Perangkat lunak atau software.

Manfaat Konvergensi Media
Manfaat konvergensi media Manfaat konevergensi media tentu saja memudahkan khalayak dalam mendapatkan informasi, berita, hiburan, membeli barang. Tidak mebutuhkan biaya yang banyak, lebih hemat waktu, praktis, juga bisa membuat pihak media sebagai tantangan untuk mengembangkan media yang sudah ada sebelumnya.
Dampak Dari Konvergensi Media
Dampak Konvergensi Media dan Tekhnologi Komunikasi ini menyebabkan terjadinya perubahan – perubahan dalam gaya hidup sehari – hari , yang diantaranya adalah melalui :
1.    Munculnya “gaya hidup digital” dengan penggunaan computer dan LAN secara meluas
2.    Meluas / tinggi nya pemakaian internet, aplikasi chatting, e – mail, dll.
3.    Munculnya gaya hidup mobile
4.    Meningkatkan kualitas hidup kita
5.    Terbiasa dengan sesuatu yang instan
6.    Persaingan industry yang semakin ketat
7.    Fenomena serba elektronik dan “on-line”
Berikut ini merupakan tindakan remaja khususnya siswa yang sering ditemukan. Ada sikap positif dan negatif.
1.    Banyak siswa yang mempunyai handphone waktu luangnya banyak tersita untuk smsan atau saling telepon, facebook – an, dll (bukan untuk belajar).
2.    Ketika proses belajar mengajar sedang berlangsung di dalam kelas sebagian siswa / mahasiswa memilih sibuk dengan handphone mereka.
3.    Sebagian siswa yang menggunakan alat komunikasi tersebut untuk saling berkomunikasi ketika saat ulangan.
4.    Banyak siswa yang menyimpan hal-hal yang berbau pornoaksi dan pornografi.
5.    Siswa tidak menjadi “gagap teknologi”, siswa dapat mengikuti perkembangan era teknologisasi dunia dan siswa dapat lebih produktif, efektif dan efisien dalam waktu, energi dan biaya karena ada sarana komunikasi yang memudahkan urusannya.
6.    Siswa dapat mencari materi dengan melakukan searching lewat handphone meskipun berada dalam lingkungan kelas saat jam pelajaran tanpa perlu ke laboratorium TIK.
Demikian artikel tentang Konvergensi Media yang sudah saya buat dengan singkat, padat, jelas. Semoga bermanfaat untuk kita semua dalam menyerap informasi dan ilmu pengetahuan. Terima kasih teman-teman jangan lupa Iike dan komentar ya guys.
Referensi :


Tidak ada komentar:

Posting Komentar