Tahukah anda apa itu konvergensi media, suatu pengertian
yang jarang kita dengar di kehidupan sehari-hari, tetapi Anda sendiri tidak menyadarinya
bahwa kita tahu. Seperti halnya kita berinteraksi di dunia maya yaitu seperti
membuka forum, informasi sosial lewat media Online, chatting, dll. Untuk lebih
jelasnya, saya akan menjelaskan lebih rinci apa itu Konvergensi Media.
Konvergensi media adalah penggabungan atau
pengintegrasian media-media yang ada untuk digunakan dan diarahkan kedalam satu
titik tujuan. Konvergensi media biasanya merujuk pada
perkembangan teknologi komunikasi digital yang dimungkinkan dengan
adanya konvergensi jaringan.
Konvergensi jaringan adalah koeksistensi
efisien telepon, video dan komunikasi data dalam
satu jaringan. Penggunaan beberapa mode komunikasi dalam
jaringan tunggal menawarkan kenyamanan dan fleksibilitas bukan tidak mungkin
dengan prasarana yang terpisah.
Dasar terbentuknya Konvergensi Media
John Fiske dalam bukunya Cultural and Communication Studies
mengungkapkan kode-kode digital lebih mudah dipahami karena unit-unitnya
dibedakan dengan jelas,berlainan dengan kode-kode analog yang bekerja dalam
suatu skala kontinu. Jadi tidaklah heran jika dalam orientasi perkembangan
peradaban manusia mengarah pada proses digitalisasi atau dengan kata lain
proses menuju kemudahan, kelengkapan, dankecepatan dalam mendapatkan dan
memahami berbagai informasi.
Dari sisi bisnis, digitalisasi menjanjikan efisiensi biaya
yang cukup signifikan dengan area cakupan yang lebih luas, kualitas pelayanan
yang lebih baik dan mampu melayani pengguna jasa media berdasarkan kebutuhan
mereka. Namun yang jauh lebih penting adalah digitalisasi mampu mendesak
kelahiran beragam kreativitas dalam penyajian konten sehingga area cakupan
bisnis dapat lebih diperluas.
Menurut Jonathan Parapak dari Universitas Pelita Harapan,
tahapan perkembangan paradigma ini menjadi 3 tahapan proses, yaitu automatisasi,
integrasi, dan kolaborasi.Mayoritas pelaku di kawasan ini berada di antara
automatisasi dan integrasi, sementara hanya sebagian kecil yang telah mencapai
tahap di antara integrasi dan kolaborasi.
Perkembangan
——————————————————————————
——————————————————————————
Konvergensi media tidak hanya pergeseran teknologi atau
proses teknologi, namun juga termasuk pergeseran dalam paradigma industri,
budaya, dan sosial yang mendorong konsumen untuk mencari informasi
baru. Konvergensi media terjadi dengan melihat bagaimana individu berinteraksi
dengan orang lain pada tingkat sosial dan menggunakan berbagai platform media
untuk menciptakan pengalaman baru, bentuk-bentuk baru media dan konten yang
menghubungkan kita secara sosial, dan tidak hanya kepada konsumen lain, tetapi
untuk para produsen perusahaan media.
Gerakan konvergensi media tumbuh secara khusus dari
munculnya Internet dan digitalisasi informasi. Konvergensi
media ini menyatukan 3C yaitu computing (memasukkan data
melalui komputer), communication (komunikasi), dan content (materi
isi/ konten). Teori konvergensi media yang diteliti oleh Henry Jenkins
pada tahun 2006, menyatakan bahwa konvergensi media merupakan proses yang
terjadi sesuai dengan perkembangan budaya masyarakat.
Pendorong konvergensi media
Perubahan perilaku konsumen:
Pada tahun 2009 sebuah penerbitan surat kabar media di
Amerika Serikat The Boston Globe menunggu nasib untuk ditutup
atau diteruskan oleh investor baru. Performa koran yang sudah berusia 137
tahun itu terus merosot karena perubahan perilaku
konsumen membaca berita. Oplah menurun 14 persen dalam enam
bulan ditahun 2009.
Tahun 2009 di Amerika Serikat
merosotnya sirkulasi dan pendapatan dari iklan juga memaksa surat
kabar Tribune Co. memutuskan hubungan kerja 61 orang dari 205
tim berita The Baltimore Sun. Sepekan sebelumnya, Chicago
Tribune juga merumahkan 53 karyawan ruang redaksi.
Pendukung konvergensi media
Media massa konvensional (Televisi, radio, surat
kabar dll)
Internet
Perangkat lunak atau software.
Manfaat Konvergensi Media
Manfaat konvergensi media Manfaat konevergensi media tentu
saja memudahkan khalayak dalam mendapatkan informasi, berita, hiburan, membeli
barang. Tidak mebutuhkan biaya yang banyak, lebih hemat waktu, praktis, juga
bisa membuat pihak media sebagai tantangan untuk mengembangkan media yang sudah
ada sebelumnya.
Dampak Dari Konvergensi Media
Dampak Dari Konvergensi Media
Dampak Konvergensi Media dan Tekhnologi Komunikasi ini
menyebabkan terjadinya perubahan – perubahan dalam gaya hidup sehari – hari ,
yang diantaranya adalah melalui :
1.
Munculnya “gaya hidup digital”
dengan penggunaan computer dan LAN secara meluas
2.
Meluas / tinggi nya pemakaian
internet, aplikasi chatting, e – mail, dll.
3.
Munculnya gaya hidup mobile
4.
Meningkatkan kualitas hidup kita
5.
Terbiasa dengan sesuatu yang instan
6.
Persaingan industry yang semakin
ketat
7.
Fenomena serba elektronik dan
“on-line”
Berikut ini merupakan tindakan remaja khususnya siswa yang
sering ditemukan. Ada sikap positif dan negatif.
1.
Banyak siswa yang mempunyai
handphone waktu luangnya banyak tersita untuk smsan atau saling telepon,
facebook – an, dll (bukan untuk belajar).
2.
Ketika proses belajar mengajar
sedang berlangsung di dalam kelas sebagian siswa / mahasiswa memilih sibuk
dengan handphone mereka.
3.
Sebagian siswa yang menggunakan alat
komunikasi tersebut untuk saling berkomunikasi ketika saat ulangan.
4.
Banyak siswa yang menyimpan hal-hal
yang berbau pornoaksi dan pornografi.
5.
Siswa tidak menjadi “gagap
teknologi”, siswa dapat mengikuti perkembangan era teknologisasi dunia dan
siswa dapat lebih produktif, efektif dan efisien dalam waktu, energi dan biaya
karena ada sarana komunikasi yang memudahkan urusannya.
6.
Siswa dapat mencari materi dengan
melakukan searching lewat handphone meskipun berada dalam lingkungan kelas saat
jam pelajaran tanpa perlu ke laboratorium TIK.
Demikian artikel tentang Konvergensi Media yang sudah saya
buat dengan singkat, padat, jelas. Semoga bermanfaat untuk kita semua dalam
menyerap informasi dan ilmu pengetahuan. Terima kasih teman-teman jangan lupa
Iike dan komentar ya guys.
Referensi :
Tidak ada komentar:
Posting Komentar